MAN 3 Bogor

Sukamaju Jonggol, Bogor Jawa Barat 16830

Madrasah Hebat, Bermartabat.

Selayang Pandang

Kamis, 11 April 2019 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 171 Kali

Sejarah

Madrasah Aliyah Negeri 3 Bogor  berlokasi di lingkungan pedesaan, tepatnya di Ds. Sukamaju Kec. Jonggol Kab. Bogor. Madrasah Aliyah Negeri 3 Bogor lahir di tengah-tengah masyarakat yang memiliki keragaman potensi sosial ekonomis. Keragaman potensi sosial ekonomis masyarakat ini menyebabkan sebagian besar siswa/i Madrasah Aliyah Negeri 3 Bogor juga berisi siswa-siswi dengan tingkat heterogenitas yang tinggi. Keheterogenan siswa/i ini menyebabkan Madrasah Aliyah Negeri 3 Bogor terbuka dalam menerima siswa/i dari kalangan manapun.

Madrasah Aliyah Negeri 3 Bogor berdiri pada tahun 1995, lahir dari anggota masyarakat yang dengan ikhlas mewakafkan tanahnya guna kemajuan pendidikan di Kecamatan Jonggol. Semenjak berdirinya, Madrasah Aliyah Negeri 3 Bogor terus menerus mengalami kemajuan yang cukup signifikan. Pada tahun 1995, Madrasah Aliyah Negeri 3 Bogor hanya memiliki 3 lokal, saat ini Madrasah Aliyah Negeri 3 Bogor telah memiliki 21 lokal kelas dengan berbagai fasilitas pendukung, status Madrasah Aliyah Negeri 3 Bogor yang negeri sepertinya menjadi daya tarik bagi sebagian masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di Madrasah Aliyah Negeri 3 Bogor, di samping label agamis yang menjadi ciri khas bagi sebuah madrasah.

Kondisi Saat Ini

Dilihat dari labelnya yang bercirikan islam, Madrasah Aliyah Negeri 3 Bogor dalam struktur kurikulumnya terintegrasi antara pengetahuan umum dan agama. Pengetahuan umum yang dipelajari kurang lebih hampir sama dengan yang dipelajari di SMA, sementara pengetahuan agama terbagi lagi menjadi beberapa cabang ilmu. Dalam memberikan materi-materi tersebut, Madrasah Aliyah Negeri 3 Bogor memiliki kualifikasi guru yang mumpuni, hampir semua guru berlabel profesional yang dapat ditunjukkan oleh latar belakang pendidikannya dan sertifikat pendidik. Proses belajar mengajar di Madrasah Aliyah Negeri 3 Bogor dilakukan selama enam hari dalam seminggu, yang dimulai mulai pukul 07.00 WIB s/d pukul 15.15.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 junc to PP No. 32 tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan bahwa kurikulum madrasah jenjang pendidikan dasar dan menengah disusun oleh pusat dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL) berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Dan Budaya Nomor 20 Tahun 2016, Standar Isi (SI) berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Dan Budaya Nomor 21 Tahun 2016 serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

 

KOMENTARI TULISAN INI

...

H.M.Bunyamin,M.Ag

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh Pendidikan adalah produk kreatifitas yang sangat luar biasa, aktifitas pendidikan pada hakikatnya adalah sebuah usaha untuk mengembangkan…

Selengkapnya