MAN 3 Bogor

Sukamaju Jonggol, Bogor Jawa Barat 16830

Madrasah Hebat, Bermartabat.

TAUSIYAH DARI BAPAK ASEP RAHMAT,S.AG,M.SI

Rabu, 08 Juli 2020 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 128 Kali

Puji dan syukur kita ucapkan kepada allah SWT dengan mengucapkan “ allhamdullilah hirobbil’allamin”

Sholawat dan salam kita sampaikan kepada nabi kita Muhammad SAW dengan mengucapkan “Allahuma sholialla syaidina Muhammad wa’ala ali sayidina Muhammad”

Para pembaca rohimakumullah

Sahabar ali RA. Pernah berkata” andaikan tidak ada lima keburukan di dunia ini, tentunya manusia menjadi orang sholeh semua.

Kelima keburukan itu adalah:

  1. Merasa senang dengan kebodohan
  2. Tamak dengan dunia
  3. Bakhil dengan kelebihan harta
  4. Beramal di sertai riya
  5. Merasa bangga diri di atas lainya

 

 
   

 

 

 

 

 

 

 

Para pembaca rohimakumullah

Merasa senang dengan kebodohan artinya membiarkan diri merasa nyaman dengan ketidaktahuannya dalam masalah agama. Tidak ada keinginan dalam diri mereka untuk belajar dengan sungguh-sungguh apa itu islam dan bagaimana seharusnya menjadi muslim yang baik.

Sifat tamak dan bakhil akan menjauhkan kita dari kesholehan, kedua sifat ini akan menimbulkan sifat sifat buruk yang lainya, tamak akan membuat kita melakukan segala cara demi ambisi dan keserakahan. Kita tidak peduli lagi dengan aturan kelakuan kita tak jauh gede dengan kerak, begitu juga dengan bakhil, akan membuat kita kurang peduli terhadap sesama. Allah sangat membenci orang bakhil dan syurga tidak mau di tampaki orang bakhil, dan semua orang tidak suka dengan orang bakhil.

Yang menghalangi kesholehan manusia adalah mempunyai sifat riya, Rasulllulah SAW menegaskan bahwa riya termaksud dalam kategori syirik kecil ( ass-syirkul asygaar ) dalam hadisnya “ sesungguhnya sesuatu yang sangat aku khwatirkan atas dirimu adallah syirik kecil yaitu riya.” Karena perwujudan riya itu sangat halus dan tidak kelihatan, riya hanya ada dalam hati.

Terakhir sifat yang menghalangi seorang menjadi sholeh adalah ujub atau membanggakan diri. Yaitu merasa paling sempurna dibandingkan dengan orang lain, sifat ini harus kita hindari karena bisa menimbulkan kesombongan. Sedangkan kesombongan itu merupakan sifat Allah yang tidak boleh dimiliki manusia

Hanya ini yang bisa penulis sampaikan mudah mudahan menjadi nasihat bagi penulis dan ada manfaatnya bagi para pembaca, dan semoga apa yang kita lakukan menjadi amal ibadah. Terima kasih dan mohon maaf

Wassallam’mualaikum wr.wb

Penuslis: Asep Rahmat,S.AG,M.SI

Tausiyah: Tamak dan syirik 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

H.M.Bunyamin,M.Ag

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh Pendidikan adalah produk kreatifitas yang sangat luar biasa, aktifitas pendidikan pada hakikatnya adalah sebuah usaha untuk mengembangkan…

Selengkapnya